Cara Membuat Artikel yang Meningkatkan Penjualan


Dunia blogging bukan hal yang baru lagi di era internet seperti saat ini. Ada banyak orang bisa menghasilkan pendapatan fantastis dari rutin menulis di platform internet ini. Jual beli online juga memanfaatkan konten yang bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa. Salah satu jenis content marketing terbaik adalah artikel berbasis SEO. Membuat artikel sering dianggap mudah sebab hanya mengungkapkan opini saja. Nah, sebenarnya apa yang dimaksud dengan artikel?

Pengertian Artikel

Apa yang dimaksud dengan artikel? Artikel adalah tulisan nonfiksi yang bersifat opini seseorang dan mengupas masalah tertentu yang bersifat aktual dan kontroversial. Tujuan pembuatan artikel sendiri adalah menyajikan informasi, meyakinkan pembaca dan hiburan. Selain itu, salah satu tujuan penting artikel adalah mempengaruhi pembaca yang bersifat pengetahuan, perasaan atau tingkah laku. Dalam urusan bisnis, penulisan artikel tentang produk atau jasa diharapkan mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli.
Berdasarkan pengertian yang dijabarkan di atas, kini Anda tak perlu bingung lagi mengenai apa yang dimaksud dengan artikel. Anda bisa memanfaatkan artikel untuk meningkatkan traffic penjualan usaha. Artikel yang berkualitas dan berbasis SEO efektif memberikan konten positif pada website atau akun sosial media Anda. Lantas, bagaimana cara membuat artikel yang baik?

Cara Membuat Artikel Berkualitas Pagi Pemula

Artikel berbasis SEO memang bisa meningkatkan kunjungan pembaca pada website Anda. Artikel yang menggunakan SEO atau berkualitas akan masuk dalam daftar pencarian mesin internet paling utama. Potensi mendapatkan pembaca hingga memutuskan membeli produk atau jasa Anda semakin besar. Sebagai pemula, Anda bisa melupakan basis SEO terlebih dahulu. Pasalnya, artikel yang tengah mengupas berita viral lebih mendominasi mesin pencarian internet. Berikut cara membuat artikel yang bisa Anda coba praktikkan.

1.      Mempelajari karakter calon pembaca.

Apa yang dimaksud dengan artikel berkualitas? Anda bisa menciptakan artikel berkualitas yang menduduki peringkat pertama mesin pencari kalau mau mempelajari karakter calon pembaca. Gaya penulisan yang enak dibaca, ringan dan menyenangkan bisa membuat pembaca tidak mudah bosan.

2.      Memberikan judul artikel yang menarik.

Tahukah Anda bahwa potensi website Anda dilirik banyak orang adalah konten menarik? Kalau Anda berencana membuat artikel yang mampu menarik minat pembaca hingga melanjutkan sampai akhir adalah memancing rasa penasaran mereka dengan judul yang menarik.

3.      Membuat paragraf yang singkat dan informatif.

Apa yang dimaksud dengan artikel? Anda bisa memanfaatkan ilmu yang dipelajari di sekolah untuk menciptakan artikel yang memiliki ide bahasan utama. Tetapi, sebaiknya Anda tidak membuat kalimat panjang-panjang yang berpotensi membuat pembaca bosan. Buat kalimat pendek-pendek saja namun tetap menyajikan informasi yang berkualitas.

4.      Menggunakan tampilan yang menarik.

Selain bobot dan isi artikel, Anda harus memperhatikan aspek penting seputar penampilan visual artikel. Buat tulisan Anda menggunakan font yang mudah dibaca, jelas dan tidak menyusahkan pembaca. Selain itu, Anda bisa menambahkan tampilan gambar atau video untuk menambah daya tarik artikel di website Anda. Artikel yang terlalu bertele-tele bakal langsung ditinggalkan calon pembaca Anda.
 
Jangan terus bertanya apa yang dimaksud dengan artikel kalau Anda tidak memiliki waktu untuk mencoba mempraktikkan semua teori yang ada. Kepiawaian merangkai kata tidak hanya ditentukan dari rajin membaca saja namun rutin praktik. Anda bisa mulai belajar dari tulisan orang lain, mengusai ilmu penting EYD dan mengikuti perkembangan yang tengah trend. Memiliki ilmu dasar menulis bisa membantu Anda menciptakan sebuah artikel viral yang berpotensi mendatangkan banyak calon pembeli di website usaha lho!