Cara Menggunakan SEO Untuk Website Agar Traffic Meningkat


Menggunakan teknik SEO atau Search Engine Optimization untuk mengoptimasi website adalah cara yang banyak digandrungi oleh banyak kalangan. Hal ini dipercaya mampu membuat website semakin berkembang dan punya nilai lebih di mata pengguna Google dan mesin penelusur. Namun, hal tersebut pun harus dibarengi dengan cara yang tepat. Untuk itu, berikut ini adalah cara menggunakan SEO untuk website agar traffic situs Anda meningkat.

Cara Menggunakan SEO Untuk Website Dengan Konten Yang Tepat

Dalam penerapan SEO website, tidak akan terlepas dari konten yang mengisi sebuah situs atau website yang dimiliki. Konten sangat berpengaruh besar terhadap kesuksesan optimasi SEO Anda dan juga pada peningkatan traffic atau pengunjung. Salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah website bisa dilihat dari seberapa banyak pengunjungnya.

Untuk meningkatkan traffic dengan menggunakan SEO tentu harus dijalani dengan sungguh-sungguh. Di mulai dari penataan website yang tepat, tampilan yang menarik, dan jelas ide website yang diusung. Sementara untuk pembuatan konten pun tidak bisa serta merta langsung membuatnya tanpa aturan.

Cara menggunakan SEO untuk website dengan penerapan konten yang benar bisa dimulai beberapa hal, seperti; research keyword yang tepat, menggunakan keyword density yang sesuai, pemasangan headline atau judul menarik, adanya meta deskrispi, isi konten yang informatif, hingga penyematan internal link atau eksternal link yang tepat.

Pelajari Apa yang Pengunjung Inginkan

Konten website yang baik tentunya adalah yang mengerti apa keinginan dari pengunjung. Jika penelusur mesin pencari adalah orang yang membutuhkan informasi, maka berikanlah informasi dengan jelas dan mendetail. Tentunya, Anda harus menulis artikel yang fokus pada apa yang pengunjung inginkan dan butuhkan. Dengan begitu, Anda akan memahami apa yang diinginkannya dan mampu menarik minat baca pengunjung tersebut.

Cara untuk mengetahui hal ini adalah bisa dengan melakukan riset mengenai apa yang banyak dicari oleh masyarakat dan apa yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini. Banyak platform yang memberikan informasi mengenai hal tersebut, misalnya situs Quora atau UbberSuggest.

Buat Optimasi Landing Page

Cara menggunakan SEO untuk website dalam pengelolaan peningkatan traffic pun perlu memerhatikan perihal landing page. Ini merupakan sebuah halaman yang akan dikunjungi atau tertampil ketika pengunjung mengklik sebuah baris pencarian. Usahakan landing page ini dibuat secara jelas dan fokus pada informasi yang lengkap.

Dalam pembuatannya pun sebaiknya diisi konten yang benar - benar menarik, hal ini untuk membuat pengunjung lebih lama di halaman tersebut sehingga membuat kualitas traffic organic-nya semakin bagus.  Anda juga bisa menyematkan ikon call-to-action, atau seruan untuk menggunakan jasa, membeli produk, atau melakukan sesuatu yang sesuai dengan tujuan Anda.

Buat Situs yang Mobile Friendly

Cara lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan traffic website adalah situs harus mobile friendly. Hal ini berarti, website Anda haruslah responsif. Untuk membuat situs menjadi demikian, bisa gunakan Wordpress sebagai CMS karena temanya sudah dirancang kompatibel dengan ponsel. Seperti yang diketahui, masyarakat lebih senang dan lebih sering mengakses Google lewat ponsel dibandingkan perangkat komputer.

Selain beberapa tadi, cara menggunakan SEO untuk website dalam meningkatkan traffic pun bisa dengan menggunakan deep linking atau teknik penggunaan anchor text yang isinya menghubungkan satu halaman ke halaman lain website Anda. Hal ini juga bisa membuat pengunjung website Anda jadi lebih meningkat.

Setelah beberapa cara dilakukan, nantinya Anda tinggal melakukan pengecekan. Bisa dengan menggunakan Google Analytic; yang mana digunakan untuk melihat halaman yang paling populer, paling lama dikunjungi, bahkan untuk mencari tahu berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda namun kemudian meninggalkannya. Mudah, bukan?