Kontes SEO yang Sering Diselenggarakan Para Webmaster

Inforjasa.blogspot.com - Kontes SEO merupakan sebuah kompetisi dalam mengoptimasi sebuah keyword. Kata kunci tersebut ditentukan oleh penyelenggara kontes. Peserta kontes SEO adalah mereka para webmaster yang memiliki website atau blog. Peserta kontes akan diminta membuat sebuah artikel SEO sesuai kata kunci.

Dasar Penilaian Kontes SEO

Tidak hanya terbatas pada mesin pencari google Indonesia. Kompetisi ini juga dapat mentargetkan artikel untuk dapat muncul dalam hasil mesin pencarian Yahoo Indonesia dan Bing Indonesia. Tidak hanya menulis sendiri, ada juga webmaster yang menggunakan SEO agency.

Kontes SEO

Dan pada akhirnya, yang menjadi dasar penilaian adalah berdasarkan peringkat pada SERP. Mereka yang berhasil menempatkan websitenya dalam papan ranking SEO dalam kurun waktu yang telah ditentukan, akan menjadi pemenang.

Jenis-jenis Kontes SEO

Berdasarkan peserta dan juga hadiah yang diperebutkan, kontes SEO terbagi menjadi:

Kontes SEO menengah bawah: Dengan hadiah yang tidak terlalu besar, tipe kontes ini umumnya diikuti mereka yang hanya ingin sekadar mengikuti tantangan dan unjuk diri, tidak memiliki target yang besar. Webmaster yang ingin mengetahui sejauh mana kemampuan skill SEO nya juga biasanya menggunakan kontes semacam ini sebagai uji coba.

Kontes SEO menengah atas : Kontes SEO yang memiliki hadiah yang lumayan menggiurkan. Hadiah totalnya bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Biasanya kontes ini diselenggarakan dalam rangka mempromosikan sebuah produk dari penyelenggara. Penyelenggara kontes pun merupakan pihak yang memiliki modal cukup banyak seperti perusahaan.

Tidak jarang badan pemerintahan juga turut serta menjadi penyelenggara SEO. Persaingan dalam tipe kontes seperti ini lebih ketat karena diikuti oleh para webmaster yang lebih ahli. Tidak jarang juga, karena hadiah yang menggiurkan, seorang webmaster kemudian menggunakan jasa SEO murah berkualitas.


Syarat Kontes SEO

Persyaratan kontes SEO akan ditetapkan oleh penyelenggara. Misalnya jenis blog atau website yang dapat diikutsertakan, umur website atau blog peserta, juga niche artikel yang dilombakan. Selain itu, panjang minimal dan maksimal artikel juga ditentukan oleh penyelenggara. Lebih jauh lagi, penyelenggara kontes juga bisa membatasi taktik untuk optimasi SEO. Umumnya, penyelenggara melarang menggunakan metode black hat SEO.

Tidak ada komentar: